بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Selamat Datang Di "SECRET ROOM"

Ini Dia Daftar Item Dota dan Dota 2 yang Mencontek Dari Game Lain - | SECRET ROOM |

0 komentar

SECRET ROOM - Pesan moralnya adalah jangan suka menghina game lain plagiat karena game kesayangan kalian juga belum tentu 100% original!

Jaman sekarang sudah bukan menjadi rahasia apabila banyak game yang memiliki genre permainan yang sama, untuk tahun ini genre battle royale dan MOBA lah yang masih menjadi primadona. Bukan berarti dia yang muncul terlebih dahulu bisa dibilang original malah ada juga hal seperti item Dota 2 terkuat yang ternyata juga plagiat!
Item Dota 2 terkuat apa saja yang dibuat berdasarkan “inspirasi” dari item game lain? Tapi sebelumnya kita akan sedikit membahas asal usul Dota 2. Dota 2 adalah game remake dari judul game yang sama yaitu Dota atau Defense of the Ancient.
Mungkin dulu saat Dota muncul Blizzard tidak terlalu mempermasalahkan copyright soal plagiarisme, karena Dota masih ada di dalam game Warcraft sebagai bagian dari MOD. Namun akan beda perkaranya apabila Dota 2 yang sudah berdiri sendiri dan memiliki platform sendiri jika tetap menggunakan aset yang sama persis.
Oleh karena itu untuk menghindari tuntutan atas copyright atau plagiarisme banyak hal yang perlu diubah seperti, tampilan karakter, nama karakter, skill sampai item yang ada di dalam game Dota 2. Sekarang kita akan bahas item Dota 2 terkuat yang sudah ganti nama untuk menghindari tuntutan kasus plagiarisme.

1. Shadow Blade

item dota 2 terkuat_
Item Dota 2 terkuat pertama yang mengalami pergantian nama agar tidak terkena tuntutan soal plagiarisme adalah Shadow Blade. Mungkin para fans Dota 2 yang sudah bermain sejak era Dota pasti paham betul kenapa berganti nama menjadi Shadow Blade.

Karena Lothar Edge merupakan sebuah item yang mengambil nama dari salah satu karakter dalam lore World of Warcraft. Adalah Sir Anduin Lothar yang merupakan ksatria dari Azeroth yang mendapatkan julukan Lion of Azeroth. Dia adalah karakter sentral hampir di semua cerita dari Warcraft.

2. Pipe of Insight

item dota 2 terkuat_
Setelah ada item Dota 2 terkuat favorit para carry yaitu Shadow Blade, kini giliran item favorit para posisi offlaner yaitu Pipe of Insight. Item yang bisa membuat magic resistance dari hero yang kita gunakan meningkat. Namun pada saat masih di dalam Dota item ini memiliki nama lain yaitu Khadgar’s Pipe of Insight.
Siapa atau apa itu Khadgar? Khadgar sama seperti halnya Sir Anduin Lothar. Khadgar adalah tokoh sentral dalam cerita atau lore dari World of Warcraft. Oleh karena itu pada saat diadaptasi ke Dota 2, item dengan icon pipa rokok ini harus berubah nama dan menjadi Pipe of Insight.
Untuk item Dota 2 terkuat selanjutnya yang ternyata meniru atau mengambil inspirasi dari game lain, akan kita bahas pada halaman selanjutnya, kuy gas!

3. Scythe of Vyse

item dota 2 terkuat_
Kamu pemain setia Dota pasti tahu kengerian dari item Dota 2 terkuat yang satu ini, memang sih tidak menambahkan damage sebesar Divine Rapier tapi efek disable yang ditimbulkan cukup mengganggu. Mengubah lawan menjadi babi dengan Scythe of Vyse.
Scythe of Vyse adalah salah satu item yang juga ada sejak Dota dan memiliki nama asli Guinsoo Scythe of Vyse. Guinsoo adalah salah satu nama pencipta atau modder dari game Dota bersama dengan Ice Frog. Sebenarnya tidak masalah jika nama Guinsoo Scythe of Vyse dibawa ke dalam game Dota 2.
Guinsoo sendiri tidak terlalu mempermasalahkan, namun yang jadi masalah adalah kini Guinsoo bekerja menjadi pengembang di salah satu game kompetitor dari Dota 2 yaitu League of Legends. Hal ini lah yang membuat nama Guinsoo dihilangkan dan diganti menjadi Sycthe of Vyse.

4. Blink Dagger

tem dota 2 terkuat
Item selanjutnya juga merupakan salah satu dari sekian banyak item Dota 2 terkuat, tidak menambahkan damage tapi bisa membuat potensi tarung dari setiap hero inisiator menjadi sangat maksimal. Namun Valve juga harus mengganti nama dari item ini.
Hal ini disebabkan karena item yang memiliki nama asli Kelen’s Dagger of Escape ini memiliki kasus yang hampir serupa dengan Shadow Blade dan juga Pipe of Insight. Merupakan salah satu item Dota plagiat yang mengambil nama dari karakter yang ada di dalam warcraft dan juga bentuk dari item yang hampir sama.

5. Buckler

item dota 2 terkuat_
Item Dota 2 terkuat berikutnya yang ternyata juga hasil mencontek pada saat masih ada di Dota, adalah Nathrezim Buckler. Apa itu? Item ini merupakan salah satu item penting yang selalu dibuat oleh hero support, merupakan item bahan dari Mekansm dan juga Guardian Greaves.
Item ini merupakan salah satu item andalan dari ras Nathrezim sendiri di dalam lore World of Warcraft. Natherzim adalah salah satu ras demon yang ada di Warcraft dan merupakan kerabat dari Night Stalker juga. Karena sudah jelas takut terkena masalah copyright item ini berubah menjadi Buckler.
Ya karena masalah Copyright ini juga mungkin akan membuat si Night Stalker tidak akan bisa pulang ke alamnya untuk bertemu dengan para saudara serta teman dekatnya… Sad Night Stalker is sad.
Masih ada lagi nih item Dota 2 terkuat selanjutnya yang ternyata juga mendapatkan inspirasi dari game lain, pada saat item tersebut masih di dalam game Dota. Oh iya empat item selanjutnya adalah item yang mendapatkan inspirasi dari game Diablo milik Blizzard!

6. Eaglesong

item dota 2 terkuat_
Kita semua juga tahu kalau memang Dota itu dasarnya adalah game dari hasil mod Warcraft dan semua aset yang ada di dalamnya, adalah aset yang ada atau dimiliki oleh warcraft itu sendiri. Para penciptanya hanya tinggal menambahkan flavor text untuk memberikan background cerita pada setiap aspek yang ada.
Tapi siapa menyangka tidak semua apa yang ada di dalam Dota merupakan aset milik dari warcraft, ternyata ada aset dari game lain contohnya adalah Diablo yang merupakan salah satu game buatan Blizzard juga. Item terkenal apa saja dari Diablo yang ditiru oleh modder dari Dota?
Pertama ada Eaglehorn dan kemudian diadaptasi atau diubah menjadi Eaglesong, adalah salah satu item Dota 2 terkuat untuk hero bertipe agility. Eaglehorn merupakan satu item unique dari game Diablo yang berbentuk busur. Untuk menghindari copyright sudah jelas nama item ini harus diubah.

7. Reaver

item dota 2 terkuat_
Item Dota 2 terkuat selanjutnya yang juga mendapatkan inspirasi dari game lain adalah item dengan nama paling susah disebutkan. Tapi penulisannya kurang lebih seperti ini Messerschmidt’s Reaver, bacanya seperti apa? Kalian sendiri lah yang tentukan.
Item yang berbentuk kapak dan menambahkan atribut STR ini ternyata item dari game lain, masih sama dari game buatan Blizzard yaitu Diablo I dan II. Karena saking kuatnya item ini dimasukkan kedalam game mod buatan Icefrog ini, namun pada saat masuk kedalam Dota 2 namanya diubah menjadi Reaver agar tidak terkena copyright.

8. Daedalus

item dota 2 terkuat_
Item Dota 2 terkuat yang harus diubah namanya karena ditakutkan melanggar hak cipta atau copyright adalah Daedalus. Item yang memberikan tambahan damage serta critical chance untuk hero yang menggunakannya. Kalian para pemain Dota pasti tahu apa nama item ini sebelum berubah menjadi Daedalus.
Yup item ini memiliki nama Buriza-do Kyanon pada saat masih ada di Dota. Item ini terinspirasi dari game Diablo yang juga memiliki nama yang sama. Item unique berbentuk balista raksasa ini memberikan serangan bertipe es dan bisa membekukan lawan.
Efek yang sama juga sempat diadaptasi kedalam Dota sampai akhirnya efek ini diubah, menjadi tambahan damage dan juga critical chance karena dianggap terlalu overpowered. Fakta lain yang menarik dari item ini adalah, Buriza-do Kyanon merupakan lafal Jepang untuk pengucapan Blizzard Canon.

9. Skull Basher

item dota 2 terkuat_
Kamu suka bermain sebagai posisi carry menggunakan hero seperti Anti Mage, Phantom Assassin, dan Slark pasti suka dengan item ini, yap Skull Basher yang bisa kita upgrade menjadi Abyssal Blade, Namun siapa sangka kalau ternyata Skull Basher yang kita kenal di Dota 2 dulunya juga item yang diadaptasi dari Diablo.
Nama Skull Basher pada saat di Dota adalah Cranium Basher, merupakan salah satu item unique level tinggi untuk kelas Barbarian, Digambarkan sebagai palu penghancur besar dua tangan, Cranium Basher juga memiliki daya hancur tinggi sama halnya dengan Skull Basher yang merupakan salah satu item Dota 2 terkuat.
Setelah kita membahas item Dota 2 terkuat yang diadaptasi dari game Diablo milik blizzard pada saat jaman masih Dota, ternyata ada juga item di dalam Dota 2 yang hingga sekarang tidak berubah nama sejak Dota. Tapi apa kalian tahu kalau item tersebut dari game lain?

10. Desolator

item dota 2 terkuat_
Item Dota 2 terkuat selanjutnya merupakan item favorit para carry juga nih, item ini bisa mengurangi armor lawan sehingga membunuh hero tank atau support menjadi perkara yang lebih mudah. Desolator adalah nama item ini untuk game Dota 2, sebelumnya memang apa?
Sebelum diperpendek menjadi Desolator, nama item ini adalah Stygian Desolator namun siapa sangka kalau item ini adalah item yang diadaptasi dari game online lain yaitu Anarchy Online, hah apa itu? Mungkin di Indonesia game ini kurang dikenal, namun di belahan bumi bagian barat game dengan genre MMORPG ini sangatlah populer.
Desolator merupakan salah satu item atau senjata yang ada di Anarchy Online, senjata pedang satu tangan yang merupakan salah satu senjata terkuat dalam game tersebut.

11. Sange Yasha, Black King Bar dan Monkey King Bar

item dota 2 terkuat_
Item Dota 2 terkuat selanjutnya juga pasti kalian familiar yaitu Sange and Yasha, Black King Bar dan juga Monkey King Bar. Ketiga item tersebut memiliki banyak fungsi dan juga kegunaan. Seperti Sange and Yasha yang bisa memberikan tambahan damage pada hero yang menggunakan.
Lalu Black King Bar yang bisa memberikan efek magic immune serta Monkey King Bar yang memberikan tambahan pure damage terhadad serangan kita. Tapi apa kalian mengira kalau ternyata ketiga item ini juga merupakan plagiat atau bisa dibilang mengambil terang-terangan dari game lain.
Ketiga item ini merupakan item yang sudah ada lebih dahulu di serial game konsol yaitu Phantasy Star Online (ini bukan game online walau judulnya online). Merupakan item senjata yang digunakan oleh tokoh protagonis pada saat kita bermain game ini.

12. Aghanim Scepter

item dota 2 terkuat_
Sebenarnya untuk urusan nama dan copyright perusahaan sekelas dan sebesar Valve benar-benar ribet dan tidak ingin terjerat masalah. Namun memang ada beberapa item serta aspek yang tidak diubah oleh Valve karena memang tidak ada copyrightnya.
Selain beberapa item yang sudah kita sebutkan pada awal halaman empat ini, masih ada lagi satu item yang namanya juga tidak mengalami perubahan. Aghanim Scepter adalah salah satu item tersebut, item ini merupakan salah satu nama karakter di dalam video game dengan judul Zelda.
Aghanim atau Agahnim merupakan tokoh antagonis yang merupakan lawan dari Link sang tokoh utama dari game Zelda. Dia merupakan demon yang menculik sang putri Zelda. Terinspirasi dari Agahnim yang merupakan seorang Dark Wizard maka Scepter terkuat untuk para hero INT di Dota dan Dota 2 ini terlahir.
Bagaimana pendapat kalian para pecinta Dota dan Dota 2? Jadi tidak sepenuhnya game kesayangan kalian ini merupakan karya orisinil bukan? Masih ada beberapa aspek yang bisa dibilang merupakan hasil plagiarisme dari beberapa literatur game lain?




Thanks To :
Sumber :
https://www.ggwp.id

No comments :