بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Selamat Datang Di "SECRET ROOM"

Aplikasi Facebook populer ini secara terbuka memaparkan data Anda selama bertahun-tahun

0 komentar
Lagi, Facebook kembali diterpa isu miring soal penjualan data personal penggunanya tanpa izin. Setelah heboh Cambridge Analytica di Amerika dan akhirnya berkembang ke seluruh dunia terkait Pilpres disana, kini Facebook Quiz ‘NameTest’ bikin heboh. Lebih dari 120 Juta data pengguna facebook dijual.
Adalah om Inti De Ceukerlaire, yang mengungkap skandal dari aplikasi kui facebook ini di halaman Medium miliknya. Ironisnya, skandal aplikasi ini sudah di ketahui Facebook bersama dengan aplikasi bermasalah lainnya di bagian Facebook Data Abuse Bounty program. Hmmm,
GEMBLUNGnya, Aplikasi ini secara terang-terangan menyajikan hasil grab data pengguna facebook tersebut LEWAT file Javascript mereka. Hehehe (sokur!) Karenanya, jaminan data ini bocor kemana-mana jadi tidak terkendali karena bisa diakses oleh orang-orang yang tahu URL javascript dari Facebook User yang dengan gembus menggunakan kuis ini.
Via Medium dot com
Apa yang bisa diambil dari data personal user itu? selain nama dan tanggal lahir serta status-statusnya, dia bisa tahu daftar teman, video dan lain-lain. Jadi jangan kaget kalo Facebook gampang di hack dan disusupi iklan-iklan ga jelas karena ikutan aplikasi beginian.

No comments :