بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Selamat Datang Di "SECRET ROOM"

WOW !! CD Ini Bisa Simpan 400 Ribu Film HD dan Tahan Hingga 13 Miliar Tahun

1 komentar
Teknologi semakin hari semakin tidak bisa ditebak. Kemutakhirannya pun semakin lama semakin cepat untuk dikembangkan seiring dengan berkembangnya pula daya tangkap otak manusia. Sebuah berita menghebohkan akhirnya muncul di Inggris ketika para ilmuwan di University of Southampton's Optical Research Center baru saja mengumumkan bahwa mereka berhasil membuat media penyimpanan data 5 dimensi.
Hal yang membuat pengumuman tersebut menjadi heboh ialah media penyimpanan tersebut dapat menyimpan data hingga 360 TB dalam sebuah wadah! Akhirnya kamu bisa menyimpan 400 ribu film di dalam satu keping disc saja.

Disc 5 Dimensi yang Dapat Menyimpan 360TB Data

Jika biasanya kita sudah sering menjumpai kepingan CD yang dapat menyimpan data maksimal hingga 700MB, DVD yang dapat menyimpan hingga 9,4GB (DVD-9), dan Blu-Ray yang dapat menyimpan hingga 50GB, kini kita akhirnya dapat menjumpai sebuah kepingan disc yang dapat menyimpan hingga bertera-tera Byte data.
5d-disc-1
Para ilmuwan tersebut menemukan cara untuk menyimpan data ke dalam sebuah keping dengan menggunakan tembakan laser secepat fetosecond. Media penyimpanan yang dapat menyimpan data itu akhirnya dapat menampung 360TB, dapat bertahan hingga 1000 derajat celsius, dan ia bahkan dapat menyimpan data dengan aman selama 13,8 milyar tahun pada suhu ruangan. Gile bener!
5d-disc-2
Setiap file yang dimasukkan ke dalam disc ini terdiri dari tiga lapisan titik berukuran nano. Ukuran dan orientasi titik-titik tersebut yang disusun dalam tiga lapisan yang berbeda membentuk formasi lima dimensi sehingga dapat mengubah polarisasi dari cahaya yang ditembakkan.

Berawal Dari Disc 300kb

Proyek besar ini sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2013 lalu. Dimulai dengan eksperimen yang berhasil memasukkan sebuah data berukuran 300kb ke dalam disc tersebut. Pada akhirnya, tim peneliti berhasil menyempurnakan teknologi penyimpanannya dan mulai mengabadikan file-file penting lainnya seperti Universal Declaration of Human Rights (UDHR), Newton's Opticks, Magna Carta, dan Injil versi King James.
5d-disc-3
Keren banget ya jika teknologi canggih seperti ini akhirnya bisa kita nikmati dalam skala yang terjangkau dan mudah untuk digunakan. Menyimpan file-file penting berukuran besar bisa dilakukan hanya pada kepingan kecil yang powerful. Bagaimana menurut kamu? Jangan lupa untuk share pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

1 comment :